[Review] Purbasari Matte Lipstick (83 & 89)

Jpeg

Kembali lagi di dunia gincu bersama Purbasari 😀 Ini adalah lipstik hits yang masih aja banyak dicari orang sampai sekarang. Walau reviewnya sudah banyak dimana-mana, saya baru bulan ini nyoba 2 warna yang kiranya bakal masuk di kulit sawo matang. Apakah kualitas Purbasari yang banyak dipuji ini juga berlaku di bibir saya? Let’s see~

Saya membeli dua lipstik ini di dua tempat yang berbeda, yang satu di Guardian seharga Rp 36.000,- dan satunya di toserba Persada Malang seharga sekitar Rp 27.000,-. Jauh banget ya harganya :))

Dari semua warna Purbasari Matte Lipstick ini saya baru mencoba shade 83 (Pirus) & 89 (Jade). Heran, waktu lipstik cuma dikasih nomor, orang ngeluh kenapa nggak dikasih nama yang cantik-cantik. Nah ini giliran udah dikasi nama cantik-cantik orang lebih ingat nomornya daripada namanya *yha*

Jpeg

Purbasari ini dikemas dalam kotak kertas berwarna hitam (sudah saya buang :p), dengan pembeda warna berbentuk hati (yang menurut saya warnanya jauh dari yang ada di tube) dan di dalamnya ada karton lagi untuk menjaga lipstiknya supaya tidak mudah terbentur. Bagi saya, ini poin plus untuk bungkusnya (walau desainnya tidak menarik). Lipstik ini berbentuk balok warna hitam, terbuat dari plastik yang ringan. Tutup lipstiknya juga oke, kalau ditutup sampai terdengar bunyi klek, bakal aman di dalam tas. Kemasannya memang ringkih, jadi harus extra hati-hati jangan sampai jatuh. Alhamdulillah sampai sekarang belum ada kejadian lipstiknya patah.

Jpeg

Lipstik ini sayangnya tidak ada pembeda yang jelas selain label, yang ditempel di bawah kemasan. Jadi kalau punya beberapa lipstik ini, tiap kali mau pakai harus dibuka tutupnya atau lihat label di bawahnya. Mungkin sedikit aksen warna untuk shade yang berbeda bisa dipertimbangkan kalau Purbasari mau memperbarui kemasannya 😉

Jpeg

Atas : 83 (Pirus), Bawah : 89 (Jade)

Terlepas dari kemasan yang kurang menarik, saya acungi jempol untuk kualitas lipstiknya. Wanginya seperti kue namun tidak menyengat. Lipstik ini mungkin masuk kategori creamy matte tapi punya powdery finish. Awalnya seperti mengoleskan krayon lumer di bibir (?) tapi lama-lama terbiasa. Menurut saya, dibanding lipstik matte Wardah, rasa tebal dan lengketnya tidak seberapa. Warnanya cukup menutupi bibir saya yang pinggirnya kehitaman, terutama warna lipstik yang cukup gelap seperti shade no 83 (Pirus). Lipstik ini juga tidak mempertegas garis bibir, nggak bikin bibir keriput :))

Sebelum menggunakan lipstik ini, saya selalu memakai lip balm sebelumnya, lalu didiamkan beberapa saat sampai meresap, baru mengaplikasikan lipstik matte. Kalau tidak pakai lip balm, bibir terasa kering dan agak panas, walau keringnya nggak parah sampai pecah-pecah (seperti saat memakai lip tint, uhuk). Kalau pakai lip balm dan langsung ditimpa pakai lipstik ini, bibir terasa lengket, warnanya geser-geser dan susah diratakan. Lipstik ini juga transfer kalau dibuat minum atau makan cantik, dan langsung hilang kalau dipakai makan biasa, terutama makanan berminyak. Tanpa makan minum, lipstik ini bisa bertahan 3-4 jam tanpa memudar.

Karena teksturnya yang cukup creamy, baru beberapa kali pakai sudah kelihatan berkurang. Syukurlah lipstik ini cepat habis jadi saya bisa beli gincu lagi yang lain #eh.

picsart_10-10-10-18-33-01

89 Jade :

Lipstik nomor 89 (Jade) ini terasa sedikit lebih kering daripada yang nomor 83. Di bibir saya warnanya pink dengan hint peach, jadi lumayan neon warnanya di kulit saya. Kalau ingin warnanya agak kalem, biasanya saya aplikasikan tipis-tipis atau saya campur dengan nomor 83.

83 Pirus :

Saya suka banget warnanya! Kalau diswatch lebih condong ke cokelat tua dengan hint ungu, tapi begitu diaplikasikan ke bibir warna mauve lebih menonjol. Kalau lagi malas dandan, saya suka pakai lipstik ini :p

Overall, saya cukup puas dengan lipstik ini. Teksturnya enak, warnanya bagus dan cukup pigmented, matte tapi nggak bikin bibir keriput, transfernya bisa ditolerir, dan harganya super terjangkau untuk sekelas lipstik matte.

Leave a Reply

