[Review] Garnier BB Cream & Wardah BB Cream

100_4389

Belakangan ini saya suka pakai BB cream, dengan alasan praktis kalau lagi pingin tampil cerah tanpa banyak usaha (iya, mau beli pakan kucing aja pake BB cream :p). Ada yang sudah mencoba produk ini? Ini review saya setelah beberapa bulan menggunakan ini:

  • Garnier BB Cream Miracle Skin Perfector (All-in-1 Perfecting Cream).

Product : Mengandung SPF 21 PA ++ (Anti UVA&UVB). Diperkaya dengan sari lemon untuk membantu mencerahkan dengan mengangkat sel kulit mati. Pigmen Mineralnya membantu menyamarkan ketidaksempurnaan kulit wajah dengan coverage natural dan tahan lama.

Claim : Membuat wajah tampak cerah, menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam, melembabkan dan menutrisi kulit, mengurangi kilap seperti memakai bedak, meratakan warna kulit, mudah diratakan, tidak menyumbat pori-pori, kulit wajah terasa nyaman dan segar, cocok untuk segala jenis kulit.

Shade : Hanya satu warna, dengan yellow tone yang kuat (cocok untuk warna kuning langsat atau sawo matang)

Kemasannya berbentuk tube yang higienis dengan isi 18 ml, pas buat dibawa traveling. Waktu diaplikasikan ada efek dingin, wangi lemon khas Garnier cukup lembut dan lama-lama hilang waktu diaplikasikan. Teksturnya ringan, lumayan encer, cepat meresap ke dalam kulit, dan mudah dibaurkan. Sayangnya, kalau ga hati-hati waktu mencet tubenya, bisa belepotan kemana-mana. Jadi setiap kali saya mau pakai BB Cream ini, saya tuangkan sedikit ke punggung tangan, jadi bisa dibaurkan sedikit demi sedikit. Atau kalau mau repot sedikit, ditotol-totol di wajah, lalu diratakan pakai sponge foundation. Hasilnya lebih bagus daripada dibaurkan pakai jari. Tapi ya begitu, seukuran biji kacang kedelai saja cukup. Kalau kebanyakan pakai, jadi keputihan warnanya.

Hasilnya matte finish, tapi untuk yang punya kulit berminyak, bisa ditambahkan bedak tabur sedikit biar agak awet. Untuk kulit kombinasi normal berminyak seperti saya, oil controlnya tergolong biasa saja. 2 jam kemudian sudah mulai berminyak di bagian T-zone (kalo keringetan, udah bubar jalan aja -_-). BB cream ini sheer to medium coverage, jadi butuh concealer kalau perlu.

Walau katanya suitable for all skin types, tapi berdasarkan review yang pernah saya baca, BB cream ini ga cocok untuk tipe kulit kering sensitif (karena produk ini ada alkohol, paraben dan pewangi artifisialnya). Untuk yang kulit sangat berminyak pun kurang recommended, karena oil controlnya biasa saja walau sudah diset pake bedak tabur diatasnya. Kalau kulit kamu normal cenderung berminyak dan ga sensitif, ini bisa dicoba 😀

Pros : Kemasan travel friendly, harganya terjangkau (dulu sekitar Rp 16.000,- waktu promo, sekarang sekitar Rp 20.000,-), mudah didapatkan di supermarket atau minimarket terdekat, mengandung SPF 21 PA +++. Bagi kulit saya yang kombinasi normal berminyak, BB cream ini tidak bikin breakout dan tidak bikin kering. Walaupun begitu, karena ini sebenarnya tergolong makeup bukannya murni skincare, saya selalu memakai moisturizer terlebih dahulu, dan setiap kali pulang sampai rumah, membersihkan wajah model double cleansing, biar ga gampang jerawatan 🙂

Netral : Bagi beberapa orang, wangi lemonnya cukup mengganggu, tapi buat saya biasa saja.

Cons : Hanya ada satu shade (cocok untuk kulit kuning langsat atau sawo matang dengan yellow tone yang kuat), oil control biasa saja, lubang tube besar jadi harus hati-hati waktu mengeluarkannya.

Repurchase : No, sekarang masih ada 2 botol buat dihabisin.

100_4425

Atas : Wardah Everyday BB Cream, Shade Natural. Teksturnya kental. Kalau di foto terlihat lebih kuning, aslinya sedikit abu-abu. Bawah : Garnier BB Cream. Tekstur encer, dengan yellow tone yang kuat.

100_4426

BB cream saat dibaurkan. Atas : Meski teksturnya cukup kental, Wardah masih cukup mudah dibaurkan dengan tangan. Bawah : Tekstur Garnier yang encer, sangat mudah dibaurkan dengan tangan.

  • Wardah Everyday BB Cream (Natural)

Wardah BB Cream ada dua macam, versi Lightening dan versi Basic/Everyday. Karena saya tidak terlalu suka produk Wardah Whitening, jadi saya mencoba seri Everyday BB Cream ukuran kecil (15 ml) warna Natural, dengan harga sekitar Rp 22.000,- di toserba dekat kampus.

Claim : Dengan Water Break Technology untuk kesegaran extra saat aplikasi. Mengandung Ekstrak Aloe Vera dan Bio Hyaluronic Acid yang membantu melembabkan kulit. Kombinasi dari Ekstrak Witch Hazel dan Zinc Gluconate sebagai oil control membantu meringkas pori-pori dan mengontrol produksi sebum. Formula yang tahan lama membantu menyamarkan ketidaksempurnaan dan warna kulit tidak merata untuk kulit yang terlihat lebih halus dan bercahaya. Mengandung SPF 30.

Shade : Light dan Natural. Saya memilih warna Natural untuk kulit saya yang berwarna sawo matang dengan neutral undertone. Warnanya cokelat sedikit keabu-abuan, tapi tidak seabu-abu BB Cream Korea pada umumnya.

Review : Kemasan tube yang higienis dan terdiri dari dua ukuran 15 ml & 30 ml. Kemasannya travel friendly, lubang kemasannya pas, tidak terlalu besar atau kecil. Teksturnya cukup kental, tidak terlalu encer, cukup mudah dibaurkan. Di kulit saya yang kombinasi berminyak, oil controlnya biasa saja walau sedikit lebih baik dari Garnier BB Cream. 3 jam kemudian mulai berminyak di bagian T-zone. Sheer to medium coverage, dengan hasil yang matte finish. Bisa diset bedak tabur setelahnya untuk oil control yang lebih lama. Dibanding Garnier BB Cream, warna shade Natural milik Wardah BB Cream lebih masuk ke skin tone saya yang sawo matang dengan neutral undertone.

Pros :  Kemasan travel friendly, lubang kemasannya pas, harga terjangkau (sekitar Rp 22.000,- untuk ukuran 15 ml dan Rp 45.000,- untuk 30 ml), mudah didapatkan di toserba dan supermarket, mengandung SPF 30. Nyaris tidak tercium wangi apapun, jadi mungkin cocok untuk yang sensitif. Di kulit saya yang kombinasi normal berminyak, BB Cream ini tidak bikin breakout atau kering. Shade Natural pas dengan warna kulit (bisa dilihat di gambar bawah).

Cons : Oil control biasa saja (3 jam sudah mulai berminyak di bagian T-zone).

Repurchase : Yes! Sejauh ini baru BB Cream ini yang warnanya pas di kulit wajah.

bb

Aplikasi di wajah. Keduanya sama-sama sheer to medium coverage. Noda bekas jerawat di pipi bisa disamarkan walau tidak sepenuhnya. Untuk Garnier BB Cream, saat diaplikasikan di wajah warnanya jadi satu tingkat lebih cerah dengan warna kuning lebih kuat. Untuk Wardah BB Cream, saat diaplikasikan di wajah, warnanya satu tingkat lebih cerah tapi tetap terlihat natural.

Ada yang pakai BB Cream ini juga? Share pengalamanmu yuk!

Advertisements

70 thoughts on “[Review] Garnier BB Cream & Wardah BB Cream

  1. Kalo buat kulit yg sensitif,baiknya pake bb cream apa ya kak?
    Aku enggak pake bb cream ,soalnya pernah nyoba pake bb cream temen malah udah nya ke kulit jadi berjerawat

    Like

    • memang untuk kulit yang sensitif ga bisa sembarangan coba BB Cream ^^; Saya kurang tau soal merk BB cream yang cocok untuk kulit sensitif, ada yang bilang BB Cream Korea macam Etude atau The Face Shop bisa untuk kulit sensitif. Tapi lebih baik coba beli sample aja dulu, biar bisa trial error sendiri. Hope it helps ^^

      Like

    • Coba cek di produknya Bless. Agak pricy sih, tapi siapa tau cocok. Soalnya kapan hari aku liat bless punya produk untuk sensitive skin.
      Lebih amannya lagi, konsul dulu aja ke dokter, biasanya dokter kecantikan punya rekom kosmetik mana yg cocok untuk kita

      Like

  2. Kalo buat kulit berminyak kira” pke bb cream nya yg apa ya sist.. ? bingung sya mau pke maybelinne tp kata tmen mnding pake wardah ajja ..

    Like

    • Kalau kulit kamu berminyak, pilih BB cream yang ada oil control & memberikan efek matte (kalau pake BB cream yang glowing finish, jatuhnya malah kaya kilang minyak). Kamu bisa pake Maybelline yang BB stick. Itu direkomendasikan untuk kulit berminyak

      Like

    • Untuk kulit kering, pastikan pakai pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan BB cream. Untuk yang berjerawat, mungkin bisa coba Wardah Everyday BB Cream atau sampelnya Skin Food Aloe Vera BB Cream

      Liked by 1 person

    • Kalau kulit kamu berminyak, pilih BB cream yang ada oil control & memberikan efek matte (kalau pake BB cream yang glowing finish, jatuhnya malah kaya kilang minyak). Kamu bisa pake Maybelline yang BB stick. Itu direkomendasikan untuk kulit berminyak

      Liked by 1 person

    • Kalau kulit kamu berminyak dan ada bekas jerawatnya, cari BB cream yang ada oil control & memberikan efek matte, dengan medium coverage. Yang pernah aku coba seperti itu sih Wardah dan Skin 79 Hot Pink. Kalau ingin menutupi dengan sempurna, gunakan concealer

      Like

  3. Sy udh oke harrier bb cream..hasil memuaskan bgt..bekas jrwt n noda hitam jilatan pudar..n warnax nyatu di kulit..trs sy kasi bedak 2way cake wardah no 3 yg excl..awet bgt..pas buat wnita2 yg krjax seharian…muka jadi ga berminyak…

    Like

    • Cocok atau nggaknya saya ga bisa jamin, tapi secara pengalaman sih oke di kulit saya yang juga berminyak. Tapi karena daya tutupnya rendah, butuh concealer untuk menutupi bekas jerawat

      Like

  4. Kawan , aku bingung nich , kulit aku sawo matang trus cocoknya yang apa , pernah coba pakai bb cream ponds yg light bagus sich cuman agak ” keabu abuan , tolong di bantu dong kawan , cocoknya yg apa

    Like

    • Untuk kulit sawo matang, sejauh yang saya pakai Garnier atau Wardah shade Natural sama-sama cocok dan ga jadi abu-abu. Mungkin bisa coba Pixy yang Ochre atau Beige. BB cream dengan cool undertone, kalo diaplikasikan ke kulit sawo matang yang rata-rata warm undertone, jadinya abu-abu.

      Like

  5. Saya pakai revlon fondation sdang wjah sy berminyak,baru berapa menit make’, minyaknya udh keluar semua.gmana ya kalo sy make’ bb cream garnier apa bs tertolong. .

    Like

  6. Klo untuk kulit berminyk dant gampang berjerawat bagusnya foundations ap yah supaya gag tmbh tumbuh jerawatx lalu aq pke bb wardah tpi mukaku malah tambah berminyak

    Like

    • Saya ga pernah pake foundation, jadi ga bisa merekomendasikan merk apa saja. Saran saya cari yang water based foundation, pake primer sebelumnya, dan diset pake bedak tabur. Sejauh pengalaman saya, BB cream yang oil controlnya lumayan bagus itu Skin79 Hot Pink sama Missha M Perfection. Saya kulitnya juga gampang jerawatan, jadi setiap kali pake BB cream saya bersihin muka double cleansing, pake makeup remover/cleansing oil/milk cleanser/olive oil dll dan face wash.

      Like

  7. mbak syakn pke citra siang Mlm mng sich putih Trus jrwat tidak timbul,tapi di sktran hidung saya smpe bwah hitam mbak,knpa ya,pa gak cocok ato gimna mbak,tolong kasi tau

    Like

  8. Kak boleh nanya ga ? Kira kira bb cream yang cocok buat kulit aku apa ya … , soalnya kulit aku tuh mudah berminyak, mudah berjerawat juga trus sensitif 😂:'( jadi sebaiknya pake merk apa ya

    Like

  9. Mba kulit saya berminyak terus banyak beruntusan nya kaya biang keringet g2, terus kalo bb cream selang berapa jam muka ku udah mengkilap berminyak bngt jd luntur, saat ini sy masih pake bb cream pixy..
    Terus pertanyaanya bb cream apa yg cocok buat kulitku supaya gk timbul jerawat kecil, berminyak dan gk cepet mengkilap..?

    Like

    • Saya ga bisa kasi saran merk apa, karena di kulit saya cocok belum tentu di kamu cocok. Sejauh ini saya pake BB cream apapun oil controlnya paling lama 5-6 jam.

      Saranku untuk yang kulitnya berminyak:
      1. Pake face primer jika perlu
      2. Selalu pake bedak tabur setelah pake BB cream, biar ga cepat mengkilap.
      3. Bawa oil blotting paper kemana aja
      4. Selalu double cleansing tiap kali selesai beraktivitas

      Like

  10. Pingback: [review] Missha M Perfect Cover BB Cream – Berry Crush

    • Cari BB cream yang khusus untuk kering dan sensitif, tidak mengandung pewangi. Setauku BRTC Jasmine Water BB Cream, Dr Jart+, atau Skin Food Aloe Sun BB Cream bisa dicoba, beli aja samplenya dulu.

      Like

    • Cari BB cream yang khusus untuk kering dan sensitif, tidak mengandung pewangi. Setauku BRTC Jasmine Water BB Cream, Dr Jart+, atau Skin Food Aloe Sun BB Cream bisa dicoba, beli aja samplenya dulu.

      Like

  11. Kak kulit ku warnanya kuning langsat dan ada noda bekas jrawat gitu sama bintik2 kecil jrawat , saya pengin nutupin coba pake bb cream yg wardah evryday sama ku tambahin bedak tabur wardah cocok gak kak ?

    Like

    • Noda bekas jerawat bisa ditutupi dengan BB cream, tapi kalau bekas jerawatnya cukup gelap, pakai concealer ya. Diset dengan bedak tabur juga oke, supaya ga cepat luntur. Yang penting jangan lupa double cleansing sesudah pakai make-up ya.

      Like

  12. Pingback: Empties#1 – Berry Crush

  13. Kak kulit aq putih kering tp di daerah T zone cenderung berminyak. Dan berkomedo item2. Kalau di facial susah ngilangin komedonya sampe berjam2 . Dark cirkle nya jg keliatan bgt. Biar hsl make up nya merata kira2 pake apa aj y kak.
    Mksh…

    Like

  14. Kalau pakek bedak wardah no 3 sheer pink sma bb creim wardah cocok ngak ?
    Pke wrdah bb creim dlu lalu pke bedak wardah nya bagus ngak??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s